Fi’l Ṣaḥīḥ dan Mu’tal dalam Surah Al-Mursalāt: Kajian Morfologis Al-Qur’an

Authors

  • Firza Hayani Buchary Universitas Al Azhar Indonesia
  • Nur Hizbullah Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15642/jilsa.2023.7.2.179-187

Keywords:

Fi’l ṣaḥīḥ, Fi’l mu’tal, Surah Al-Mursalāt, Al-Qur’an

Abstract

Bahasa Al-Qur’an banyak dijumpai memiliki keserupaan, misalnya dalam bentuk kata atau kalimat, susunan huruf, atau bunyi. Inilah yang menjadi titik fokus penelitian untuk mengkaji salah satu unsur bahasa yang digunakan, yaitu fi’l atau verba. Penelitian ini bertujuan untuk memberi kontribusi pada kajian-kajian yang menggunakan objek penelitian Al-Qur’an dan juga untuk melihat keindahan bahasa Al-Qur’an dari segi morfologisnya. Surah Al-Mursalāt digunakan sebagai objek penelitian dan sebagai representasi dari pada keserupaan tersebut, dengan meneliti seluruh fi’l di dalamnya dari sisi penggunaan hurufnya dengan menggunakan teori fi’l ṣaḥīḥ dan fi’l mu’tal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik dokumentasi dalam proses mengumpulkan data. Analisis data dijabarkan dalam bentuk kartu data dan disatukan dalam tabel rekapitulasi data. Penelitian ini menemukan 28 fi’l ṣaḥīḥ dan 12 fi’l mu’tal. Dari 40 data yang ditemukan, 22 fi’l di antaranya adalah fi’l ṣaḥīḥ - sālim. Hal ini disebabkan oleh keserupaan dalam bahasa Al-Qur’an pada morfologisnya, yang menggunakan kata-kata dengan bentuk, susunan, atau bunyi serupa pada ayat yang sama, atau pada beberapa ayat setelahnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahnita, Rini. 2022. “Fi’il Sulasi Mazid Dalam Kitab Dalail Khairat Karya Syekh Sulaiman Al-Jazuli (Kajian Morfologis Dan Semantis).” IAIN Salatiga.

Al-Jarim, Ali, and Musthofa Amin. 1119. Al-Naḥw Al-Wāḍiḥ. 3rd ed. Kairo: Dar Al-Maarif.

Damhuri, Ratni. Bt. Hj. Bahri, Mukhtar I. Miolo, Abdul Yaumil Achir Akub, Hairil Ardiansyah Potabuga, and Salsabila Ence. 2023. “Fi’il Shahīh Pada Surah An-Naba’: Analisis Morfologis.” ’AJamiy: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 2: 202–19.

Fatchuddin, Muhammad. 2021. “Seri Penamaan Surah Al-Qur’an: Surah Al-Mursalat/77.” Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Kementerian Agama RI. 2021. https://lajnah.kemenag.go.id/artikel/seri-penamaan-surah-al-qur-an-surah-al-mursalat-77.

Hidayatullah, Moch Syarif. 2017. Cakrawala Linguistik Arab. Jakarta: PT Grasindo.

Ni’mah, Fu’ad. 1998. Mulakhkhash Qawa’idil Lughatil ’Arabiyyah. Beirut: Dar Al-Tsaqafah Al-Islamiyyah.

Nuruddin, Akhmad, Ahmad Miftahuddin, and Darul Qutni. 2018. “FI’L MU’TAL (DEFEKTIVE VERB) DALAM SURAT YASIN (ANALISIS MORFOSINTAKSIS).” Lisanul Arab 1: 79–84.

Wahyu, Aini Syifa Kurnia. 2018. “Ekuivalensi Antara Ilmu Morfologis Dan Ilmu Sharf.” Kajian Tentang Bahasa, Sastra Dan Budaya Arab, 469.

Downloads

Published

2023-10-28

How to Cite

Buchary, F. H., & Hizbullah, N. (2023). Fi’l Ṣaḥīḥ dan Mu’tal dalam Surah Al-Mursalāt: Kajian Morfologis Al-Qur’an. JILSA (Jurnal Ilmu Linguistik Dan Sastra Arab), 7(2), 179–187. https://doi.org/10.15642/jilsa.2023.7.2.179-187

Issue

Section

Articles