Panduan Penulisan

Jurnal Ilmu Linguistik dan Sastra Arab

| Online Submissions | Copyright Agreement | Copyright Notice | Privacy Statement |

 

PANDUAN PENULISAN

  1. Artikel bersifat ilmiah, kajian bahasa & Sastra Arab yang focus pada berbagai persoalan kontemporer dalam msyarakat muslim, gagasan-gagasan orisinil, ringkasan hasil penelitian/survey, dan review buku atau bentuk tulisan lainnya yang dipandang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan studi Bahasa & Sastra Arab.
  2. Naskah ditulis dalam bahasa Arab, bahasa Indonesia atau bahasa inggris yang memenuhi kaidah-kaidah penulisan yang baik dan benar.
  3. Setiap naskah ditulis secara berurutan terdiri dari judul, nama penulis, abstrak, kata kunci, isi dan daftar pustaka;
  4. Penulis tidak perlu mencantumkan gelar akademik, tetapi mencamtunkan tempat bekerja atau mengabdi.
  5. Naskah diketik dengan spasi 1,5 spasi pada kertas ukuran A4 dengan panjang tulisan antara 15-25 halaman jika naskah berupa artikel, dan 5-9 halaman untuk naskah berupa resensi/book review. Diketik diatas ukuran kertas ukuran A4, Font Times New Roman ukuran 12.
  6. Naskah ditulis dengan menggunakan footnote (catatan kaki) yang memuat nama penulis, judul buku/majalah/jurnal, kota tempat penerbitan, nama penerbit, tahun penerbitan dan halaman.

Contoh Kutipan Buku :

1Kuntowijoyo, Paradigma Islam, (Bandung: Mizan, 1991), hal 74.

Contoh Kutipan Artikel dari Jurnal/majalah :

2Syed Faris Alatas, “Agama dan Ilmu-ilmu Sosial”, Jurnal Ulumul Qur’an (No2, vol5 th. 1994), hal 56.

Contoh Kutipan Internet :

3Alice Mathias, “The Facebook Generation”, http.//www.nytimes.com/2007/10/06/opinion/06mathias.html diakses tanggal 01 Mei 2009.

  1. Daftar pustaka disusun secara alfabetis dengan memuat nama penulis, tahun penerbitan, judul buku/majalah/jurnal, kota tempat penerbitan dan nama penerbit.
  2. Naskah diketik rangkap dengan program Microsoft Word (rtf, doc, docx) dan harus disertai softcopy dalam CD_ROM atau flashdisk. Jika dikirim via e-mail cukup dalam format attachment file (lampiran) saja.
  3. Naskah yang masuk ke redaksi dikatageorikan :
  4. Naskah yang tidak dimuat, akan diberitahukan kepada penulisnya via e-mail.
  5. Diterima tanpa revisi;
  6. Diterima dengan revisi oleh penyunting;
  7. Diterima jika direvisi oleh penulis;
  8. Penulis yang naskahnya dimuat akan mendapat JILSA tersebut.