Sifat Allah dalam Novel “Al-Rajul Al-Lażī Āmana” Karya Najib Kailani: Kajian Semiotik Charles Sanders Pierce

Authors

  • Imam Pratomo UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.15642/jilsa.2023.7.2.188-205

Keywords:

Semiotik, triadik, akidah

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai akidah Islam berupa sifat-sifat Allah apa saja yang terdapat dalam novel Ar-Rajul Al-Ladzi Amana karya Najib Al-Kailani yang menceritakan perjalanan spiritual tokoh utama Iryan dalam menemukan Islam. Analisis dilakukan dengan kajian semiotika Charles Sanders Pierce menggunakan teori triadik representament, objek dan interpretant. Proses analisis menampilkan teks yang terdapat sifat-sifat Allah pada dimensi representament. Pada dimensi objek akan menampilkan penjelasan yang berkaitan dengan representament. Analisis yang terakhir adalah interpretant yang menampilkan konsep yang ada pada representament yaitu sifat-sifat Allah dan dihubungkan dengan realitas yang ada yaitu merujuk pada Al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian telah didapati bahwa terdapat 8 akidah asma wa sifat yang meliputi 1) Al-Waliy Allah Maha Melindungi, 2) Al-Bashar Allah Maha Melihat, 3) Al-Huda Allah Yang Memberi Petunjuk, 4) Al-Alim Allah Maha Mengetahui, 5) Al-Ahad Allah Maha Esa, 6) Iradat Allah Maha Berkehendak, 7) Al-Muqtadir Allah Maha Menentukan, 8) Al-Shomad Allah Maha Dibutuhkan (tempat meminta).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aristya, Irma Sendy. “Analisis Nilai Religiusitas Dalam Novel Tuhan, Maaf Engkau Kumadu Karya Aguk Irawan MN.” Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) 6, no. 1 (2017).

Azzaki, Ummi Nadia Rahmah. “Romantisme Dalam Novel Ar-Rajul Al-Lazi Amana Karya Najib Kailani.” Journal Bahasa Sastra dan Budaya Arab 2 (2018).

Hardiyanti Amri, Siti. “Hasrat Najib Al Kailani Melalui Cerpen Abu Maizi, Calon Pengantin Yang Sia-sia, dan Tragedi Berdarah Di Damsyik.” Jurnal al-Tsaqafa 14, no. 2 (2017).

Hidayatullah, Rahmat. “Nilai Religiusitas Dalam Novel ‘Mamu Zein’ Karya Syeikh Dr. Mohammad Said Ramadhan Al-Buthi.” Jurnal Alfaz (Arabic Literature for Academic Zealots) 9, no. 2 (2021).

Kailani, Najib. Melodi Kaki Langit. Yogyakarta: Navila, 2009.

Kuntowijoyo. Maklumat Sastra Profetik. Yogyakarta: Diva Press, 2019.

Latifa, Zuhra. “Krisis Humanisme dalam Novel ‘al-Dhill al-Aswad’ Karya Najib Kailani (Kajian Humanisme Abraham Maslow).” Jurnal An-Nahdah Al-’Arabiyah (Jurnal Bahasa dan Sastra Arab) 2, no. 1 (2022).

Mangunwijaya. Sastra dan Religiositas. Jakarta: Sinar Harapan, 1982.

Ratna. Teori, Metode, Dan Teknik Penelitan Sastra. Yogyakarta: Pustaka Ajar, 2015.

Rosalina, Vina. “Pesan Dakwah Dalam Kisah Abu Nawas (Studi Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce).” Jurnal Syntax Fusion 1, no. 1 (2020).

Downloads

Published

2023-10-28

How to Cite

Pratomo, I. (2023). Sifat Allah dalam Novel “Al-Rajul Al-Lażī Āmana” Karya Najib Kailani: Kajian Semiotik Charles Sanders Pierce. JILSA (Jurnal Ilmu Linguistik Dan Sastra Arab), 7(2), 188–205. https://doi.org/10.15642/jilsa.2023.7.2.188-205

Issue

Section

Articles