Al-Ḥikmah fī Khuṭbah Ilā al-Ṭullāb li al-Imām Ḥasan al-Bannā

Authors

  • M. Zainal Abidin UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jilsa.2020.4.2.154-163

Keywords:

Hikmah, khutbah, Hasan al-Banna

Abstract

Salah satu medium yang kerap digunakan oleh orang Arab dalam menyampaikan gagasan ataupun dakwahnya dalam bentuk verbal adalah khotbah. Para sastrawan, memasukkan khotbah dalam bagian karya sastra prosa (natsr) yang sangat berpotensi dalam menyampaikan pesan-pesan hikmah kepada orang lain. Hasan al-Banna seorang tokoh dan pemikir Arab sering menggunakan khotbah sebagai suatu medium dakwah kepada gagasan-gagasannya tentang Islam. Bahkan, banyak khotbah beliau yang telah dibukukan dan sangat terkenal hingga saat ini, di antaranya adalah khotbah yang berjudul Ilaa al-Thullab (kepada mahasiswa) yang terdapat dalam kitab Majmu’ah al-Rasail. Artikel ini mencoba meneliti khotbah Imam Hasan al-Banna tersebut dari sisi hikmah yang terkandung di dalamnya. Melalui metode penelitian instrinsik dalam khotbah, dapat disimpulkan bahwa pada khotbah tersebut terdapat banyak sekali hikmah yang dapat diambil sebagai pelajaran hidup dan semangat berdakwah yang semua itu mencakup aspek kehidupan yang paling asasi, yakni agama, sosial dan politik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

القرآن الكريم

البنا، حسن. مجموعة الرسائل الإمام الشهيد حسن البنّا. القاهرة: دار التوزيع و النشر الإسلامية. 1992.

التبحي، محمد. المعجم المفصل فى الأدب. بيروت: دار الكتب العلمية، الجزء الأول، 1993.

سلام، محمد زغلول. النقد العربي الحديث. مصر: مكتبة الانجلو المصرية. مجهول السنة.

ضيف، شوقى. المعجم الوسيط الطبعة الرابعة. مكتبة الشروق الدولية 2008.

عبد النور، جبور. المعجم الأدبي. بيروت : دار العلم للملايين. الطبعة الأولى 1979.

فرقة المؤلفات، نظام الكتابة الرسالة قسم اللغة العربية وأدبها. سورابايا: كلية الأداب جامعة سونان أمبيل الإسلامية الحكومية. 2008.

معلوف، لويس. المنجد فى اللغة والأعلام. بيروت: دار المشرق. 1988.

Downloads

Published

2020-10-29

How to Cite

Abidin, M. Z. (2020). Al-Ḥikmah fī Khuṭbah Ilā al-Ṭullāb li al-Imām Ḥasan al-Bannā. JILSA (Jurnal Ilmu Linguistik Dan Sastra Arab), 4(2), 154–163. https://doi.org/10.15642/jilsa.2020.4.2.154-163

Issue

Section

Articles