Suntingan Teks Bait Nazam Kitab Muhafadhatu Al-Sibyaan: Sebuah Pendekatan Filologis

Authors

  • Mirwan Akhmad Taufiq UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Rimayul Wafa UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Durrotul Hasanah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Ahmad Syaikhu UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Mukhammad Bakhruddin Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/suluk.2022.4.2.128-137

Keywords:

Muhafadhatu al-Sibyaan, Arab-Pegon, pesantren, nazam Jawa

Abstract

Naskah-naskah Arab-Pegon berbahasa Jawa masih digunakan sebagai literatur di pesantren. Beberapa teks kuna berbahasa daerah tersebut merupakan karya kiai pengasuh pondok yang masih menggunakan wazan bahr bahasa Arab, kombinasi nazam unik bahasa Jawa dan bahasa Arab. Penelitian ini mengungkap naskah kitab Muhafadhatu al-Sibyaan karya Muhaimin bin Jamroh dan Zainudin Tamsir pada sisi konten, nilai yang terkandung dalam kitab tersebut. Pola penyajian tema-tema gramatika bahasa Arab dan relevansi penggunaannya dalam pendidikan bahasa Arab di era milenial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kajian filologi. Konsep dan langkah analisa menggunakan konsep kerja Edward Djamaris terkait penentuan sasaran penelitian, observasi pendahuluan, deskripsi naskah, transliterasi naskah, penyuntingan, penerjemahan teks, dan nilai-nilai kandungan naskah. Hasil penelitian ditemukan kolaborasi indah antara bahasa Jawa dan bahasa Arab; nazam berbahasa Jawa, wazan berpola bahasa Arab, bahar rajaz. Materi nazam bukan hasil terjemahan utuh namun cuplikan beberapa kitab klasik nahwu yang dipadu dengan nasehat-nasehat luhur kehidupan. Nazam ini lebih tepat diajarkan kepada anak-anak berasal dari suku Jawa. Nazam Jawa ini menunjukkan sumbangsih penulis untuk memenuhi pendidikan yang berbasis kearifan lokal dalam mengajarkan kaidah-kaidah bahasa Arab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akastangga, M. D. B. (2020). Air Mensucikan Dan Menajiskan Pada Naskah Muqaddimah Imam Bafadal Al-Hadramy Karya Al-Haitami (Tinjauan Filologi). IJAS: Indonesian Journal of Arabic Studies, 2(1), 31. https://doi.org/10.24235/ijas.v2i1.5437

al-Hariri, I. A. (1998). Milhatu al-I’rab. Kairo: Daru al-Sumai’i.

al-Imriti, S. Y. (2010). Al-Durratu al-Bahiyah Nadzmu al-Jurumiyah. Makkah: Maktabatu Auladu al-Syeikh li al-Turat.

Al-Jarim, A., & Amin, M. (1990). Nahwu wadhih 2 (terjemah tata bahasa arab) ; . Surabaya: Al-Hidayah.

As-Shanhaji, M. bin M. bin D. (1998). Matnu al-Ajurumiyah. Kairo: Daru al-Sumai’i.

Baried, S. B. (1994). Pengantar Teori Filologi. Yogyakarta: Fakultas Sastra, Universitas Gadjah Mada.

Djamaris, E. (1977). Filologi dan Cara Kerja Filologi: Bahasa dan Sastra. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Drusuprapta, D., & Hartini, H. (1989). Problematik Filologi. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Erlina. (2015). Kajian Filologi terhadap Teks Manuskrip Karya Ulama Lampung Ahmad Amin Al-Banjary. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan ….

Fawaid, A. (2019). Filologi Naskah Tafsîr Bi Al-Imlâ’ Surat Al-Baqarah Karya Kyai Zaini Mun’im. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 20(2), 143. https://doi.org/10.14421/qh.2019.2002-02

Hamid, M. (1995). Ilmu Arudl dan Qawafi. Surabaya: Al-Ikhlas.

Handayani, R. A. W. dan D. (2008). Kajian Filologis Dan Kajian Pragmatik Serat Patiwinadi. Penelitian Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga, 7(2).

Ikram, A. (1980). Filologi Nusantara. Jakarta: Pustaka Jaya.

Izza, F. N. (2015). Peta Perkembangan Literatur Hadith di Pesantren Kabupaten Banyumas. JOURNAL OF QUR’AN AND HADITH STUDIES, 4(2). https://doi.org/10.15408/quhas.v4i2.2396

Layyinah, M. (2019). Musykilati Ta’lim al-Lughahi al-Arabiyyati fi Madrasati Eakkapapsasanawich al-Islamiyyati Bithailand Wakhiyarati al-Hululi Alaiha. Al-Arabi: Jurnal Bahasa Arab Dan Pengajarannya, 3(1). Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/alarabi/article/view/9194

Luthfi, K. M. (2016). Kontekstualisasi Filologi dalam Teks-teks Islam Nusantara. IBDA` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 14(1). https://doi.org/10.24090/ibda.v14i1.523

Mahfud, S., & Zuhdy, H. (2018). Kitâbah ‘Arab Pegon Khashâishuhâ Wa Ishâmâtuhâ Fî Tathwîr Ta’Lîm Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Bi Indûnîsiyyâ. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(2).

Masud, A. (2019). Eksistensi Pondok Pesantren dalam Memperkuat Literasi Islam di Era Globalisasi. Munaqasyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 01(01). Retrieved from https://ejournal.stib.ac.id/index.php/mnq/article/view/38

Mustofa, M. (2019). Kitab Kuning Sebagai Literatur Keislaman dalam Konteks Perpustakaan Pesantren. Tibanndaru : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 2(2). https://doi.org/10.30742/tb.v2i2.549

Nugraha, S. A. (2014). Kajian Filologi dan Nilai-Nilai Pendidikan Moral Dalam Serat Ambek Sanga. (Universitas Negeri Yogyakarta). Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/19975/

Syaifullah, M., & Izzah, N. (2019). Kajian Teoritis Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 3(1). https://doi.org/10.29240/jba.v3i1.764

Taufiq, M. A. (2018). منهج تعليم العربية لأغراض خاصة؛ خصائصه ومشكلاته. Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 10(2). Retrieved from https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Arabia/article/view/4275#:~:text=تهدف هذه الورقة إلى الكشف,عند تدريس واستخدام هذا ASP.

Taufiq, M. A. (2020). Ta’tsir al-Bi’ah al-Lughawiyah ’ala Ta’lim al-ughah al-’Arabiyah wa Ta’allumiha li al-Nathiqin bi Ghairiha. Arabi : Journal of Arabic Studies, 5(2). https://doi.org/10.24865/ajas.v5i2.185

Umar, M (2020, Oktober) Wawancara [Komunikasi Pribadai]

Wellek, R., & Warren, A. (1956). Theory of literature (Vol. 15). Harcourt, Brace & World New York.

Published

2023-02-19

How to Cite

Taufiq, M. A., Wafa, R. ., Hasanah, D. ., Syaikhu, A. ., & Bakhruddin, M. (2023). Suntingan Teks Bait Nazam Kitab Muhafadhatu Al-Sibyaan: Sebuah Pendekatan Filologis . SULUK: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 4(2), 128–137. https://doi.org/10.15642/suluk.2022.4.2.128-137

Issue

Section

Articles