Representasi Perempuan Muslim dalam Hati Suhita Karya Khilmi Anis
DOI:
https://doi.org/10.15642/suluk.2021.3.2.122-130Keywords:
Hati Suhita, Khilma Anis, perempuan muslim, representasiAbstract
Artikel ini memfokuskan kajiannya pada keberadaan makna perempuan muslim yang direpresentasikan dalam Hati Suhita karya Khilma Anis. Dalam kajian ini, novel tidak hanya dipahami sebagai sebuah karya sastra yang mimiliki nilai estetika saja, lebih jauh novel sebagai dokumen budaya yang merepresentasikan wacana kebudayaan sebuah masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan makna perempuan muslim yang direpresentasi dalam wacana berjenis novel. Teori yang digunakan dalam kajian ini teori analisis wacana model Ernesto Laclau dan Chantal Mouffe. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah metode kualitatif desktiptif. Berdasarkan analisis yang dilakukan ditemukan bahwa perempuan muslim direpresentasikan sebagai sosok yang cerdas, berkepribadian yang kuat, serta memiliki keberanian untuk mengaktualisasikan dirinya di tengah masyarakat.
Downloads
References
Anis, K. (2019). Hati Suhita. Yogyakarta: Telaga Aksara.
Ariani, I. (2016). Feminisme dalam Pergelaran Wayang Kulit Purwa Tokoh Dewi shinta, Dewi Kunti, Dewi Srikandi. Jurnal Filsafat, 26(2). https://doi.org/10.22146/jf.12786
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2009). Handbook of Qualitative Research. . Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Terjemahan; D. Dariyatno, B. S. Fata, A. Abi, & J. Rinaldi, eds.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
El-Saadawi, N. (2011). Perempuan dalam Budaya Patriarkhi (Terjemahan; Z. Zulhilmiyasri, ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fabriar, S. R. (2013). Potret Perempuan dalam Film Perempuan Berkalung Sorban. SAWWA, 9(1).
Hanani, T. (2021). Kuasa semu laki-laki dalam Pengakuan Pariyem, Malam Terakhir, dan Baju: kajian bandingan berparas feminisme. SULUK: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 3(1). https://doi.org/10.15642/suluk.2021.3.1.85-98
Haryanti, N. D., & Fakhriyah, F. N. (2020). Pesantren, Perempuan, dan Subaltern dalam Perempuan Berkalung Sorban dan Hati Suhita. SULUK: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 2(2), 140–149. https://doi.org/10.15642/suluk.2020.2.2.140-149
Jorgensen, M. W., & Phillips, L. J. (2007). Analisis Wacana: Teori dan Metode (I. Suyitno, L. Suyitno, & S. Suwarna, eds.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kartikawati, D. (2020). Stereotype Perempuan di Media Film: Obyek, Citra dan Komoditi. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(3). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i3.975
Laclau, E., & Mouffe, C. (2008). Hegemoni dan Strategi Sosialis: Postmarxisme dan Gerakan Sosial Baru (Terjemahan; E. P. Darmawan, ed.). Yogyakarta: Resist Book.
Miranti, D., & Amzy, N. (2018). Analisis Karakter Tokoh Wayang Srikandi dalam Lakon Perang Bahratayuda sebagai Pembelajaran Karakter untuk Remaja. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni Dan Budaya, 1(01). https://doi.org/10.30998/vh.v1i01.8
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Indra Tjahyadi, Dheny Jatmiko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories, pre-print sites, or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater dissemination of published work.