Gaya Bahasa Jinās dan Saja’ dalam Surah Al-Qiyāmah

Authors

  • M. Salwa Arraid UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.15642/jilsa.2023.7.1.57-67

Keywords:

Al-Qur'an, Balagah, Jinas, Saja'

Abstract

Keindahan bunyi dari lafal-lafal al-Qur’an adalah salah satu kemukjizatan al-Qur’an yang paling mudah ditangkap dan dirasakan oleh orang-orang awam. Untuk mengungkapkan keindahan al-Qur’an ini diperlukan suatu disiplin ilmu, yaitu ilmu Balaghah . Salah satu bagian pembahasan ilmu Balaghah  adalah tentang muhassināt al-lafẓiyyah atau keindahan lafal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keindahan lafal ayat-ayat al-Qur’an dalam surat al-Qiyāmah yang mengandung gaya bahasa jinās dan saja’. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan pada hasil penelitian ayat-ayat al-Qur’an dalam surat al-Qiyāmah, ditemukan berbagai macam gaya bahasa jinās dan saja’, yaitu jinās tam meliputi jinās al-mumatsil, jinās ghair tam yang meliputi jināsal-naqish, jināsal-mustaufi dan jināsal-qalbu. Adapun saja’ yang ditemukan yaitu saja’ muṭarraf, saja’ mutawāzī, dan saja’ muraṣṣa’.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’an Al-Karim

Al-Jarim, Ali & Amin, Musthafa, al-Balaghatul Wadhihah, terj. Mujiyo Nurkholis dkk, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2017.

Al-Suyuti, Jalaluddin, Al-Itqān fi ‘Ulūm al-Qur’an, Beirut: Dār al-Kutūb al-Ilmiah, 2004.

Idris, Mardjoko, Ilmu Balaghah : Antara al-Bayān dan al-Badi’, Yogyakarta: Teras, 2007.

Idris, Mardjoko, Ilmu Balaghah : Kajian Khusus Uslub Jinas dan Iqtibas, Yogyakarta: Teras, 2007.

Ma’shum, Muhammad, Al-Amtsilah al-Tashrifiyyah, Semarang: Pustaka al-Alawiyah, tt.

Qalyubi, Syihabuddin, ‘Ilm al-Uslūb, Stilistika Bahasa dan Sastra Arab, Yogyakarta: Idea Press, 2017.

Qathan, Mana,Mabāhiṡ fi Ulūm al-Qur’an, Beirut: Mansyurat Al-Ashr al-Hadis, 1973.

Shihab, M. Quraish, Mukjizat Al-Qur’an: Ditinjau dari Aspek Kebahasaan, Isyarat Ilmiah, dan Pemberitaan Gaib, Bandung: Mizan, 1998.

Supriana, dkk, Ulumul Qur’an, Bandung: Pustaka Islamika, 2002.

Ardiansyah, Al-Muhassināt Al-Badi'iyyah Pada Ayat-Ayat Hukum Tentang Berjuang Di Jalan Allah, Jurnal Al-Maslahah, Vol. 12, 2016.

Fikriyanti, Arifatul, Al-Saj’u fi Ṣūrah al-Ṣaffāt, Dirāsah Taḥliliyyah fi ‘Ilm al-Badī’, Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Arraid, M. S. (2023). Gaya Bahasa Jinās dan Saja’ dalam Surah Al-Qiyāmah. JILSA (Jurnal Ilmu Linguistik Dan Sastra Arab), 7(1), 57–67. https://doi.org/10.15642/jilsa.2023.7.1.57-67