العربية ÙÙ‰ دور التعليم: مشكلة مهارة كتابة اللغة العربية لمدرسي العلوم الإسلاميةÙÙ‰ الجامعة الإسلامية الØÙƒÙˆÙ…ية الشيخ Ù…ØÙ…د جميل جمبيك ببوكيت تنجى نموذجا
Abstract
Berbicara tentang keberhasilan pengajaran bahasa Arab tak bisa lepas dari perananan pengajarnya. Pengajaran bahasa Arab di perguruan tinggi Indonesia pada umumnya masih jauh dari harapan. Salah keterampilan berbahasa yang mendapat sorotan dalam kancah pengajaran adalah keterampilan menulis. Urgensitas keterampilan menulis dapat dilihat sebagai sumber ilmu pengetahuanm karena tingkat kebutuhan kepada bahasa tulis Arab di Indonesia masih dominan dibandingan bahasa lisan, karena pengaruh dari metode pengajaran tradisionil yang lebih mengedepankan keterampilan tulisan daripada lisan. Perlu pengukuran tingkat keabsahan sebuah tulisan dalam bahasa Arab dengan melakukan tahlil Akhtho’ (error analysis) terhadap tulisan-tulisan yang dihasilkan oleh pengajar bahasa Arab di perguruan tinggi Islam.
Kata Kunci: perguruan tinggi, keterampilan tulisan, error analysis