Efektivitas Metode Langsung dalam Proses Pemerolehan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua Santri Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 5 (Kajian Teori B.F Skinner)

Authors

  • Anisa Rosi Oktaviana Pusat Pengembangan Bahasa (P2B) UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jilsa.2022.6.2.151-161

Keywords:

Direct method, Skinner operant model, PMDGP 5, al-muhadatsah al-shobahiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghadirkan kefektifitasan hasil dari penggunaan metode langsung (direct method) dalam proses pemerolehan bahasa Asing dalam hal ini adalah bahasa Arab. Menggunakan teori Operan milik B.F Skinner, dimana menurutnya bahasa merupakan hasil dari stimulus-respon (S-R) antara pembicara-pendengar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, dimana peneliti menggunakan instrumen pre-test – treatment – post-test. Hasil penelitian berasal dari presentase hasil test santri Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 5, yang menunjukkan adanya peningkatan nilai post-test dari nilai pre-test setelah dilakukan treatment berupa kegiatan muhadatsah shobahiyah. Namun tujuan dari penelitian ini, bukanlah klaim bahwa metode ini paling benar dan efektif dalam proses pemerolehan bahasa kedua (Second Language Aqcuisition), akan tetapi peneliti ingin mengungkapkan bahwa metode dan teori ini adalah salah satu cara efektif dalam proses SLA. Dan tidak menutup kemungkinan metode dan teori lain juga efektif dalam penerapannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bakri, Muhammad Ali. “Metode Langsung Dalam Pengajaran Bahasa Arab.” Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 1 (2017).

Ellis, Rod. The Study of Second Language Acquisition (Oxford Applied Linguistics). USA: Oxford University Press, 1999.

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, n.d.

Jaedun, Amat. “Metodologi Penelitian Eksperimen.” Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah DIY, 2011.

Krashen, Stephen. Second Language Acquistition and Second Language Learning. University of Southern California: Pergamon Press Inc., 2002.

Maharani, Tisa, and Endang Setiyo Astuti. “Pemerolehan Bahasa Kedua Dan Pengajaran Bahasa Dalam Pembelajaran BIPA.” Jurnal Bahasa Lingua Scientia 10, no. 1 (2018). https://doi.org/10.21274/ls.2018.10.1.121-142.

Saepudin. “Teori Linguistik Dan Psikologi Dalam Pembelajaran Bahasa.” Al-Islhah XVI, no. 1 (2018).

Saryono, Djoko. Pemerolehan Bahasa: Teori Dan Serpih Kajian. Malang: Nasa Media, 2010.

British Council TeachingEnglish. “Second Language Acquisition (SLA),” n.d. https://www.teachingenglish.org.uk/article/second-language-acquisition-sla.

Shafa. “Teori Pemerolehan Bahasa Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Jurusan Tarbiyah STAIN, 2015, 1–9.

Simpson, James. The Routladge Handbook of Applied Linguistics. Edited by James Simpson. First Edti. New York, USA: Routledge, 2011. https://doi.org/10.1558/cj.v1i3.23-31.

Skinner, B.F. Verbal Behavior. New York: Appleton Century Croft Inc., 1957.

Syamsiyah, Dailatus. “Analisis Deskriptif Teori Pemerolehan Bahasa Kedua.” Komunikasi Dan Pendidikan Islam 6, no. 2 (2017).

Troike, and Muriel Saville. Introducing Second Language Acquisition. Second. New York: Cambridge University Press, 2012.

Zamrudiah, Vony. “Teori Belajar: Penguatan B.F Skinner.” academia. Accessed September 2, 2022. https://www.academia.edu/8671116/teori_psikologi_belajar_bf_skinner.

Downloads

Published

2022-10-27

How to Cite

Oktaviana, A. R. . (2022). Efektivitas Metode Langsung dalam Proses Pemerolehan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua Santri Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 5 (Kajian Teori B.F Skinner). JILSA (Jurnal Ilmu Linguistik Dan Sastra Arab), 6(2), 151–161. https://doi.org/10.15642/jilsa.2022.6.2.151-161

Issue

Section

Articles