Ali Ahmad Bakatsir dan Upayanya dalam Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia Melalui Karya Sastra

Authors

  • Muhammad Al-Mubassyir UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Mochammad Indra Yumanto King Saud University

DOI:

https://doi.org/10.15642/jilsa.2022.6.1.10-21

Keywords:

Ali Ahmad Bakatsir, karya sastra, kemerdekaan Indonesia

Abstract

Ali Ahmad Bakatsir adalah seorang penyair prolifik Arab berdarah Hadrami yang lahir dan tumbuh di Indonesia, berkembang di Hadramaut, dan berkarir sampai akhir hayatnya di Mesir. Bakatsir terkenal sebagai pelopor karya drama (masra) karena semasa hidupnya banyak menulis karya drama selain juga menulis puisi dan novel. Salah satu yang cukup berkesan bagi rakyat Indonesia dari sosok Ali Ahmad Bakatsir adalah karya-karyanya yang banyak menceritakan kemerdekaan Indonesia, dan bahkan karya-karya tersebut turut andil dalam membangun dan mendorong iklim kemerdekaan Indonesia. Selain itu, dalam kehidupannya, Bakatsir juga akrab dengan tokoh-tokoh pemegang kunci kemerdekaan seperti Ir. Soekarno, dr. Soetomo, dan Drs. Moh. Hatta. Ia memberi dorongan dan semangat serta menjadi salah satu penyuara atas kemerdekaan Indonesia. Dengan mengacu kepada kajian pustaka, artikel ini akan mengulas biografi Ali Ahmad Bakatsir dan upayanya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui karya sastra.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adams, Cindy. Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia, Terj. Syamsu Hadi. Yogyakarta: Yayasan Bung Karno. 2018.

Aman. Indonesia: dari Kolonialisme sampai Nasionalisme. Yogyakarta: Pujangga Press. 2013.

Dahami, Yahya Saleh Hasan. “Arabic Contemporary Poetic Drama: Ali Ahmed Ba-Kathir a Pioneer”. AWEJ for Translation & Literary Studies. Vol. 5, No. 1. Februari 2021.

De Jonge, Hubb. Mencari Identitas: Orang Arab Hadrami di Indonesia (1900-1950), Terj. Arif Bagus Prasetyo. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia. 2019.

Olenka, Eva & Suparwoto. “Perjuangan A.R. Baswedan pada Masa Pergerakan sampai Pasca Kemerdekaan Indonesia Tahun 1934-1947”. AVATARA Jurnal Pendidikan Sejarah. Vol. 2, No. 3. Oktober 2014.

Rahman, Suranta Abd. “Diplomasi RI di Mesir dan Negara-Negara Arab pada Tahun 1947”. Wacana. Vol. 9, No. 2.

Rokhim, Minatur. Sastra dan Nasionalisme: Studi atas Puisi-Puisi Mahjar Ali Ahmad Bakatsir. Disertasi UIN Syarif Hidayatullah. 2021.

Rokib, Mohammad. “Kembalinya Surga Firdaus: Menilik Kemerdekaan Indonesia Melalui Pandangan Ali Ahmad Bakatsir dalam Drama Audat Al-firdaus”. Jurnal Pena Indonesia. Vol. 2, No. 2. Oktober 2016.

Safira & Ali Haidar. “Perkembangan Komunitas Pedagang Arab di Surabaya Tahun 1870-1928”. Avatara Jurnal Pendidikan Sejarah. Vol. 2, No. 1. 2014.

Walidin, Muhammad, et.all. “Introduksi Indonesia dalam Karya Sastrawan Arab”. Bidik: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Vol. 2, No. 2. April 2022.

باكثير، علي أحمد. سيرة شجاع. مصر: مكتبة مصر. مجهول السنة.

بدوي، عبده. علي أحمد باكثير شاعرا غنائيا. الكويت: جامعة الكويت. 1981.

حميد، محمد أبو بكر. إندونيسيا ملحمة الحب والحرية في حياة علي أحمد باكثير. القاهرة: مركز حضرموت للنشر والدراسات والأبحاث. 2017.

حنفي، إبراهيم عبد الحليم. الوطن في أوردة الشعراء.https://www.albawabhnews.com/ . (الوصول إليه: 17 يوليو 2022).

سرباز، حسن. "الاتجاه الاسلامي في روايات علي أحمد باكثير". أبحاث مؤتمر علي أحمد باكثير ومكانته الأدبية بالقاهرة. 2010.

Downloads

Published

2022-04-27

How to Cite

Al-Mubassyir, M., & Yumanto, M. I. (2022). Ali Ahmad Bakatsir dan Upayanya dalam Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia Melalui Karya Sastra. JILSA (Jurnal Ilmu Linguistik Dan Sastra Arab), 6(1), 10–21. https://doi.org/10.15642/jilsa.2022.6.1.10-21

Issue

Section

Articles