Author Guidelines

1. Artikel bersifat ilmiah, berupa kajian Sejarah dan Kebudayaan Islam (humaniora) yang fokus pada berbagai persoalan kontemporer dalam masyarakat muslim, gagasan-gagasan orisinil, ringkasan hasil penelitian/survei, dan review buku atau bentuk tulisan lainnya yang dipandang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan studi sejarah dan peradaban Islam.

2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang memenuhi kaidah- kaidah penulisan bahasa Indonesia/Inggris yang baik dan benar.

3. Setiap naskah ditulis secara berurutan terdiri dari judul, nama penulis, abstrak, kata kunci, isi, dan daftar pustaka;

4. Penulis tidak perlu mencantumkan gelar akademik.

5. Naskah diketik dengan spasi 1,5 spasi pada kertas ukuran A4 dengan panjang tulisan antara 15-25 halaman jika naskah berupa artikel, dan 5 – 9 halaman untuk naskah yang berupa resensi/book review. Diketik dengan kertas ukuran A4, Font Time New Roman ukuran 12.

6. Naskah ditulis dengan menggunakan footnote (catatan kaki) yang memuat nama penulis, judul buku/majalah/jurnal, kota tempat penerbitan, nama penerbit, tahun penerbitan dan halaman. Contoh kutipan buku: 1 Kuntowijoyo, Paradigma Islam, (Bandung : Mizan, 1991), hal 74. Contoh kutipan artikel dari jurnal/majalah: 2Syed Farid Alatas, “Agama dan Ilmu-ilmu sosial”, jurnal Ulumul Qur’an (No2, vol 5 th. 1994), hal. 56 Contoh kutipan internet: 3Alice Mathias, “The Fakebook Generation”, http://www.nytimes.com/ 2007/10/06/opinion/06mathias.html diakses tanggal 01 Mei 2009

7. Daftar pustaka disusun secara alfabetis dengan memuat nama penulis, tahun penerbitan, judul buku/majalah/jurnal, kota tempat penerbitan dan nama penerbit.

8. Naskah diketik rangkap dengan program Microsoft Word (Untuk memperkecil kemungkinan serangan virus, lebih baik disimpan dalam format .rtf daripada .doc) dan HARUS disertai soft copy dalam CD-ROM atau flashdisk. Jika dikirim via e-mail, cukup dalam format attachment file (lampiran) saja.

9. Naskah yang masuk ke redaksi dikategorikan: a. Diterima tanpa revisi; b. Diterima dengan revisi oleh penyunting; c. Diterima jika direvisi oleh penulis; d. Ditolak.

10. Naskah yang tidak dimuat, akan diberitahukan kepada penulisnya via e-mail.

11. Penulis yang naskahnya dimuat akan mendapat Jurnal Al-Manar edisi tersebut.