العربية فى دور التعليم: مشكلة مهارة كتابة اللغة العربية لمدرسي العلوم الإسلاميةفى الجامعة الإسلامية الحكومية الشيخ محمد جميل جمبيك ببوكيت تنجى نموذجا

  • Arman Husni

Abstract

Berbicara tentang keberhasilan pengajaran bahasa Arab tak bisa lepas dari perananan pengajarnya. Pengajaran bahasa Arab di perguruan tinggi Indonesia pada umumnya masih jauh dari harapan. Salah keterampilan berbahasa yang mendapat sorotan dalam kancah pengajaran adalah keterampilan menulis. Urgensitas keterampilan menulis dapat dilihat sebagai sumber ilmu pengetahuanm karena tingkat kebutuhan kepada bahasa tulis Arab di Indonesia masih dominan dibandingan bahasa lisan, karena pengaruh dari metode pengajaran tradisionil yang lebih mengedepankan keterampilan tulisan daripada lisan. Perlu pengukuran tingkat keabsahan sebuah tulisan dalam bahasa Arab dengan melakukan tahlil Akhtho’ (error analysis) terhadap tulisan-tulisan yang dihasilkan oleh pengajar bahasa Arab di perguruan tinggi Islam.

Kata Kunci: perguruan tinggi, keterampilan tulisan, error analysis

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-01-20
Section
Articles