العربية فى دور التعليم: مشكلة مهارة كتابة اللغة العربية لمدرسي العلوم الإسلاميةفى الجامعة الإسلامية الحكومية الشيخ محمد جميل جمبيك ببوكيت تنجى نموذجا

  • Arman Husni

Abstract

Berbicara tentang keberhasilan pengajaran bahasa Arab tak bisa lepas dari perananan pengajarnya. Pengajaran bahasa Arab di perguruan tinggi Indonesia pada umumnya masih jauh dari harapan. Salah keterampilan berbahasa yang mendapat sorotan dalam kancah pengajaran adalah keterampilan menulis. Urgensitas keterampilan menulis dapat dilihat sebagai sumber ilmu pengetahuanm karena tingkat kebutuhan kepada bahasa tulis Arab di Indonesia masih dominan dibandingan bahasa lisan, karena pengaruh dari metode pengajaran tradisionil yang lebih mengedepankan keterampilan tulisan daripada lisan. Perlu pengukuran tingkat keabsahan sebuah tulisan dalam bahasa Arab dengan melakukan tahlil Akhtho’ (error analysis) terhadap tulisan-tulisan yang dihasilkan oleh pengajar bahasa Arab di perguruan tinggi Islam.

Kata Kunci: perguruan tinggi, keterampilan tulisan, error analysis
Published
2014-01-20
How to Cite
HUSNI, Arman. العربية فى دور التعليم: مشكلة مهارة كتابة اللغة العربية لمدرسي العلوم الإسلاميةفى الجامعة الإسلامية الحكومية الشيخ محمد جميل جمبيك ببوكيت تنجى نموذجا. AL MADANIYA, [S.l.], v. 11, n. 1, jan. 2014. ISSN 1410-9050. Available at: <http://jurnalfahum.uinsby.ac.id/index.php/almadaniyah/article/view/72>. Date accessed: 22 oct. 2017.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.