Konstruksi Idiomatik dalam Pemberitaan Surat Kabar: Bentuk dan Makna Idiom Pada Narasi Berita Metropolis-Jawa Pos

Kajian Semantik

Authors

  • Nuzurul Rochmah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Lia Apriliyanti UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Icha Fadhilasari Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.15642/suluk.2022.4.1.57-69

Keywords:

idiom, semantik, berita, Metropolis, Jawa Pos

Abstract

Pemberitaan dalam surat kabar kerapkali menggunakan idiom sebagai pilihan bentuk dalam narasi berita media massa. Pemanfaatan konstruksi idiomatis tersebut tak lepas dari langgam berita yang meniscayakan keefisienan dan keefektifan ekspresi. Bentuk idiom digunakan agar sesuatu (berita) dapat disampaikan secara singkat, padat, lugas, dan tepat. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk dan makna idiom sekaligus kategori unsur yang membentuknya. Adapun material pemberitaan yang dijadikan sumber data penelitian bersumber pada surat kabar Jawa Pos segmen Metropolis edisi 22-24 Maret 2022, khususnya kutipan artikel yang mengandung makna idiomatik. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah studi kepustakaan dengan teknik catat. Hasil dari penelitian ini ditemukan makna idiomatik pada pemberitaan atau artikel yang berjumlah total 109 artikel, terdapat 23 artikel yang mengandung makna idiomatik dengan jumlah idiom sebanyak 25 ungkapan. Dari jumlah makna idiomatik yang ditemukan, terdapat 9 idiom pada edisi 22 Maret 2022 berupa 5 bentuk idiom penuh dan 4 bentuk idiom sebagian. Pada edisi 23 Maret 2022 terdapat 8 makna idiomatik berupa 4 bentuk idiom penuh dan 4 bentuk idiom sebagian. Sedangkan pada edisi 24 Maret 2022 terdapat 8 makna idiom berupa 1 bentuk idiom penuh dan 7 bentuk idiom sebagian. Dari data yang ditemukan, akhirnya dapat ditarik kesimpulan penggunaan idiom pada surat kabar seringkali diperlukan guna mengungkapkan konsep-konsep dengan penjelasan yang panjang, melalui idiom tersebut konsep-konsep suatu kata dapat disampaikan dengan singkat dan jelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, N. (2014). Komunikasi Sebagai Proses Interaksi Dan Perubahan Sosial Dalam Dakwah. AT-TABSYIR, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 2(2).

Astuti, E. (2016). Analisis Makna Idiomatik dalam Artikel Berita Radar Solo Harian Jawa Pos Sebagai Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Xi Smk Muhammadiyah Delanggu (Universitas Muhammadiyah Surakarta). Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/46761/1/NASKAH PUBLIKASI.pdf

Chaer, A. (2012). Linguistik Umum Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A., & Agustina, L. (2014). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Djajasudarma, F. (2010). Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Refika Aditama.

Djuroto, T. (2002). Manajemen Penerbitan Pers. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Fadhilasari, I., & Hardiyanti, W. (2022). Bentuk dan Makna Idiom dalam Surat Kabar Jawa Pos Edisi Februari 2021-Juni 2021: Kajian Semantik. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 7(1), 13–24. Retrieved from http://ojs.uho.ac.id/index.php/BASTRA/article/view/22937

Farida, & Sari. (2015). Media tradisional vs media online (komunikasi dengan keunikan identitas). AT-TABSYIR; Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 3(1).

Halik, A. (2013). Komunikasi Massa. Retrieved from https://repositori.uin-alauddin.ac.id/338/1/KOMUNIKASI MASSA full.pdf

Junadi, S. dan A. K. N. (2021). Analisis Idiomatik pada Novel Dua Barista Karya Najhaty Sharma. Jurnal Peneroka, 1(02), 248–258.

Juwita. (2015). Analisis Semantik Idiom dalam Bahasa Bima di Desa Melayu Kecamatan Lambu. Universitas Mataram.

Malabar, S. (2015). Sosiolinguitik. Gorontalo: Ideas Publishing.

Milawasri, F. . (2019). Analisis Idiom dalam Berita Kriminal pada Surat Kabar Sriwijaya Post Palembang (Kajian Semantik). Jurnal Bindo Sastra, 3(1), 29–38.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pratiwi, H. A. (2018). Idioms in the National News Rubric Category of Education on cnnindonesia.com. Pena Literasi, 1(1), 1. https://doi.org/10.24853/pl.1.1.1-16

Salim, & S. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Sudaryat, Y. (2009). Makna Dalam Wacana. Bandung: CV. Yrama Widya.

Suharyanto, A. (2016). Surat Kabar Sebagai Salah Satu Media Penyampaian Informasi Politik pada Partisipasi Politik Masyarakat. Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal, 6(2). https://doi.org/10.31289/jap.v6i2.1051

Yoga, S. (2019). Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia Dan Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jurnal Al-Bayan, 24(1). https://doi.org/10.22373/albayan.v24i1.3175

Zulfadli, M. (2017). Makna Idiomatik Repetisi pada Kumpulan Puisi Perempuan Wali Kota Karya Suryatati A Manan. GERAM (Gerakan Aktif Menulis), 5(1), 1–7.

Published

2022-06-28

How to Cite

Rochmah, N., Apriliyanti, L. ., & Fadhilasari, I. (2022). Konstruksi Idiomatik dalam Pemberitaan Surat Kabar: Bentuk dan Makna Idiom Pada Narasi Berita Metropolis-Jawa Pos: Kajian Semantik. SULUK: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 4(1), 57–69. https://doi.org/10.15642/suluk.2022.4.1.57-69

Issue

Section

Articles