Kebijakan Editorial

  • Kebijakan Bagian
  • Proses Tinjauan Sejawat
  • Frekuensi Publikasi
  • Kebijakan Akses Terbuka
  • Etika Publikasi
  • Penyaringan Plagiarisme
  • Pengarsipan Digital
  • Statistik Unduhan Artikel
  • Pedoman Tinjauan

 

Fokus dan Cakupan

SULUK: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya memuat artikel akademik dalam lingkup kritik sastra, linguistik, filologi dan budaya. Artikel-artikel tersebut mencakup bentuk hasil analisis yang spesifik; laporan akademik; bacaan tertutup(closed reading); dan penerapan teori tertentu untuk memperkaya studi sastra, studi linguistik, studi filologi dan studi budaya. Jurnal ini juga menerima ulasan buku.

Proses Tinjauan Sejawat

Artikel ditinjau oleh dua ahli independen di bidang yang relevan. Peninjau membuat penilaian ilmiah dan rekomendasi kepada editor. Peninjau merupakan orang yang tidak dikenal oleh penulis. Editor Penangananakan mempertimbangkan naskah dan komentar dari para peninjau sebelum membuat keputusan akhir untuk menerima, menerima dengan revisi atau menolak naskah.

Frekuensi Publikasi

Jurnal SULUK terbit sebanyak dua kali dalam setahun, jurnal nomor 1-2 telah dijadwalkan untuk diterbitkan pada bulan Maret dan September.

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa membuat penelitian  secara bebas yangtersedia untuk umumdapat mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

 

Etika Publikasi

Jurnal SULUK memiliki komitmen tinggi untuk menjaga standar etika publikasi dan mendukung praktik-praktik penelitian etis. Jurnal SULUK sangat menentang adanya duplikasi dalam publikasidalam rangka menjalankan etika publikasi artikel akademik, oleh karena itu, artikel yang akan diserahkan kepada JS harus dengan pemahaman bahwa hal yang sama belum dipublikasikan dan tidak sedang dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain. Tuduhan pelanggaran akan diselidiki oleh tim editorial. Adapun untuk para pembaca, jika ditemukan adanya potensi pelanggaran etika publikasi, JS mendorong Anda untuk memberi tahu editor jurnal dan staf sesegera mungkin.

JS menanggapi etika publikasi dengan sangat serius, bersama dengan hal tesebut, tim editorial memberikan panduan praktik terbaik dalam bidang-bidang utama berikut:

 

Kepengarangan

JS mengharapkan semua artikel yang diterbitkan mengandung atribusi kepengarangan yang jelas dan akurat. Hal tersebut merupakan tanggung jawab penulis untuk memastikan bahwa semua penulis yang berkontribusi pada karya telah diakui secara adil dan bahwa daftar penulis yang diterbitkan secara akurat mencerminkan kontribusi individu. Di mana penulis menggunakan jasa atau lembaga dari pihak ketiga sebelum pengiriman misalnya dalam pengeditan bahasa, pemformatan / pengolahan artikel, mereka harus memastikan bahwa semua jasa atau lembaga tersebut mematuhi pedoman berikut:

 

Atribusi dan pengakuan

Kepengarangan harus didasarkan pada empat kriteria berikut:

  • Kontribusi substansial pada konsepsi atau desain kerja, atau akuisisi, analisis, interpretasi data untuk pekerjaan;
  • Merancang pekerjaan atau meninjaunya kembali secara kritis untuk konten intelektual yang penting;
  • Persetujuan final dari versi yang akan diterbitkan; dan
  • Kesepakatan untuk bertanggung jawab atas semua aspek pekerjaan dalam memastikan bahwa pertanyaan yang terkait dengan keakuratan atau integritas harus diselidiki dan diselesaikan dengan tepat.

Semua pihak/orang yang ditunjuk sebagai penulis harus memenuhi keempat kriteria untuk kepenulisan dan semua yang memenuhi empat kriteria tersebut harus diidentifikasi sebagai penulis.

 

Penulis yang sesuai adalah individu yang mengambil tanggung jawab utama untuk berkomunikasi dengan pihak jurnal selama pengiriman artikel, tinjauan sejawat (peer review), dan biasanya memastikan bahwa semua persyaratan administrasi jurnal, seperti memberikan rincian kepenulisan, persetujuan komite etik, pendaftaran uji klinis, dokumentasi dan pertemuan. Penulis yang sesuai harus bersedia untuk menanggapi kritik setelah publikasi dan bekerja sama dengan setiap permintaan dari pihak jurnal untuk data atau informasi tambahan jika pertanyaan tentang artikel muncul setelah publikasi.

Ketika kelompok besar yang terdiri dari beberapa penulis melakukan pekerjaan bersama, kelompok tersebut sebaiknya harus memutuskan siapa yang akan tercantum namanya sebagai penulis yang dicatat di artikel dan mengkonfirmasinya sebelum mengirimkan artikel untuk publikasi. Beberapa kelompok besar dengan beberapa penulis menunjuk kepengarangan dengan nama kelompok, atau dengan tanpa nama individu. Saat mengirimkan artikel yang ditulis oleh kelompok, penulis yang sesuai harus menentukan nama kelompok jika ada, dan dengan jelas mengidentifikasi anggota kelompok tersebut yang dapat mengambil kredit dan bertanggung jawab sebagai penulis.

Kontributor yang memenuhi kurang dari semua 4 kriteria di atas untuk kepenulisan tidak harus terdaftar sebagai penulis, tetapi mereka harus diakui kontribusinya. Contoh kegiatan lain yang tidak memenuhi syarat untuk kontribusi kepengarangan adalah perolehan dana, pengawasan umum kelompok penelitian atau dukungan administrasi umum dan bantuan penulisan, pengeditan teknis, pengeditan bahasa, dan proofreading. Mereka yang berkontribusi dalam hal-hal tersebut, tidak dibenarkan untuk dicatat dalam kepengarangan yang dapat diakui secara individu atau bersama-sama sebagai kelompok di bawah judul tunggal (contoh: "Peneliti klinis") atau ditentukan (contoh: "Mengkaji proposal penelitian secara kritis," "mengumpulkan data").

Pengiriman Artikel

JS berupaya sekuat tenaga untuk memastikan bahwa editor, peninjau sejawat (peer review), dan administrator jurnal memperlakukan semua kiriman dengan sebaik-baiknya. JS berharap bahwa semua orang yang mengirimkan artikel ke jurnal mematuhi standar dan etika penerbitan yang telah ditetapkan. Dalam kasus pelanggaran yang terbukti, tindakan yang diambil akan bervariasi, tetapi dapat menghasilkan satu atau lebih hal berikut ini:

  • Pencabutan karya yang diterbitkan.
  • Pengkoreksian atau pernyataan keprihatinan.
  • Penolakan pengajuan di masa depan.
  • Pemberitahuan pelanggaran yang dikirim ke institusi lokal, pemimpin, dan / atau komite etika setempat.
  1. Publikasi yang berlebihan

JS mengevaluasi pengajuan tiap artikel dan memastikan bahwa artikel-artikel tersebut belum pernah diterbitkan sebelumnya atau secara bersamaan disampaikan di tempat lain. Editor akan menyimpan catatan yang jelas tentang semua komunikasi antara penulis, editor, dan peninjau sejawat terkait dengan pengiriman yang mereka tangani. Catatan-catatan ini disimpan dengan hati-hati dan dapat digunakan untuk memfasilitasi investigasi terhadap kemungkinan kasus pelanggaran.

  1. Plagiarisme

JS mengevaluasi pengajuan tiap artikel dan memastikan bahwa artikel-artikel tersebut merupakan karya asli dari penulis. Kami berharap bahwa referensi yang dibuat dalam artikel untuk karya atau ide orang lain akan dikreditkan dengan tepat. Penggunaan kembali teks, data, angka atau gambar tanpa pengakuan atau izin yang sesuai dianggap plagiarisme, seperti parafrase teks, konsep dan ide.

  1. Penistaan

Sementara berusaha untuk mempromosikan kebebasan berekspresi sedapat mungkin, JS bertujuan untuk menghindari penerbitan apa pun yang merusak reputasi individu, bisnis, kelompok atau organisasi kecuali jika dapat dibuktikan. Kami mengambil semua langkah yang memunginkan untuk memastikan bahwa karya yang diterbitkan bebas dari teks apa pun yang, atau dapat dianggap mencemarkan nama baik, menistakan, atau memfitnah.

 

Editing yang Adil dan Tinjauan Sejawat (Peer Review)

Semua pihakdalam proses penerbitan dianjurkan untuk mematuhi prinsip-prinsip penerbitan etis yang telah ditetapkan. Hal Ini berlakuuntuk penulis , editor jurnal, peninjau, administrator jurnal, dan staf penerbitan.

  1.   Independensi Editorial

Editor memiliki independensi editorial penuh. Para dewan editor dan anggotanyadisarankan untuk memiliki proses dan kebijakan yang jelas untuk memastikan bahwa setiap pengajuan menerima peer review yang sepadan dengan pengajuan lainnya.

  1. Peninjau Sejawat (pper reviewer) dan perilaku peninjau

Artikel ditinjau oleh dua ahli independen di bidang yang relevan. Peninjau membuat penilaian ilmiah dan rekomendasi kepada editor. Peninjau merupakan orang yang tidak dikenal oleh penulis. Editor Penanganan akan mempertimbangkan naskah dan komentar dari para peninjau sebelum membuat keputusan akhir untuk menerima, menerima dengan revisi atau menolak naskah.

  1. Kerahasiaan

JS mengharapkan editor dan peninjau untuk menangani semua pengiriman artikel secara rahasia kecuali hal-hal yang telah ditentukan sebelumnya. Jika peninjau ingin memperlihatkan ulasannya atau mencari pendapat kolega lain tentang aspek spesifik dari artikel tersebut, mereka diharapkan untuk memberikan penjelasan kepada editor mengenai hal tersebut.

  1. Penipuan Tinjauan Sejawat

Penulis utama memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa hanya peninjau asli dan kontak peninjau yang detail yang diajukan. Adanya dugaan atau tuduhan resensi palsu dari artikel yang dikirimkan oleh penulis akan diselidiki secara menyeluruh. Jika tuduhan tersebut terbukti, artikel yang dimaksud akan segera ditolak atau, namun jika artikel sudah diterbitkan, maka artikel tersebut akan ditarik kembali.Jurnal biasanya akan memberi tahu dewan kelembagaan atau dewan etika lokal penulis dan juga dapat memberlakukan larangan pengumpulan artikel dari kelompok penulis tersebut di masa yang akan datang.

 

Pemfilteran untuk Plagiarisme

Naskah yang dikirim ke jurnal ini akandifilteruntuk penjiplakan menggunakan Aimos 2.0

 

Statistik Pengunduhan Artikel

Pengunduhan statistik menggunakan ALM Plugin, statistik akan ditampilkan di setiap halaman artikel.

Contoh: http://jurnalfahum.uinsby.ac.id/index.php/suluk/article/view/15717

Pedoman Peninjauan

Proses Peninjauan Naskah: Tinjauan Awal

  1. Membaca abstrak terlebih dahulu untuk memastikan bahwa Anda memiliki keahlian untuk meninjau artikel. Jangan takut menolak tidak untuk meninjau artikel jika ada alasan yang tepat.
  2. Membaca informasi yang disediakan oleh jurnal untuk peninjau sehingga Anda akan tahu: a) Jenis naskah (contoh: tinjauan artikel, catatan teknis, penelitian asli) dan ekspektasi / parameter jurnal untuk jenis naskah tersebut; b) Persyaratan jurnal lain yang harus dipenuhi naskah (contoh: panjang, gaya kutipan).
  3. Mengetahui ruang lingkup dan misi jurnal untuk memastikan bahwa topik makalah tersebut sesuai dengan ruang lingkup tersebut.
  4. Membaca seluruh naskah untuk melihat apakah jurnal ini layak diterbitkan–buat beberapa catatan tentang masalah besar jika ada: a) Apakah pertanyaan tersebut logis dan signifikan ?; b) Apakah desain dan / atau metode yang digunakan sudah cukup memadai atau kurang? (untuk makalah penelitian asli); c) Apakah hasil yang cukup substansial untuk dapat diterbitkan (atau adanya kemungkinan dua variabel atau lebihyang dihasilkan sangat kurang memadai sehingga membuat jurnal tersebut tidak dapat diterbitkan)?
  5. Bagaimana kesan awal Anda? Jika makalahnya adalah: a) dapat diterima hanya dengan komentar / pertanyaan kecil: solid, menarik, dan baru; metodologi yang digunakan; hasilnya disajikan dengan baik; diskusi dirumuskan dengan baik dengan Interpretasi berdasarkan pada penalaran yang logis, dll., hanya dengan komentar / pertanyaan kecil, melihat langsung ke penulisan ulasan; b) Cacat fatal sehingga Anda harus menolaknya: melihat langsung ke menulis ulasan; c) Adanya kemungkinan untuk "revisi dan kirim kembali" atau "diterima dengan perubahan besar" atau Anda tidak yakin apakah harus ditolak atau tidak: jurnal tersebut mungkin layak terbit, tetapi ada kekhawatiran-kekhawatiranbesar yang perlu untuk diatasi jika menerima/menerbitkan jurnal tersebut.

 

 Full Review Process of Manuscript

  1. Kepenulisan: Apakah naskahnya mudah diikuti/dipahami, yaitu, memiliki perkembangan logis dan pengorganisasian kepenulisan yang jelas?
  2. Apakah naskahnya ringkas dan dapat dimengerti? Apakah ada bagian yang harus dikurangi?
  3. Dieliminasi / diperluas / ditambahkan?
  4. Perhatikan jika ada masalah utama dalam mekanisme kepenulisan seperti: tata bahasa, tanda baca, ejaan. (Jika hanya ada beberapa tulisan yang tidak menggunakan kata yang baik atau benar, buat catatan untuk memberi tahu penulis mengenai hal tersebut. Jika ada masalah dalam konsistensi penulisan secara menyeluruh, pilih satu atau dua contoh jika perlu untuk diberitahukan kepada penulis dan jangan coba-coba mengedit secara garis besar).
  5. Singkatan: Digunakan dengan baik dan disusun sedemikian rupa sehingga pembaca tidak akan kesulitan mengingat apa yang diwakili oleh singkatan.
  6. Mengikuti gaya, format, dan aturan jurnal lainnya.
  7. Kutipan diberikan ketika memberikan informasi berbasis bukti dari sumber luar.

 

Pedoman Penulis

Pengajuan/Pengumpulan

  • Pengajuan/Pengumpulan Online
  • Pedoman Penulis
  • Pemberitahuan Hak Cipta
  • Pernyataan Privasi
  • Upah Penulis

 

Pedoman Penulis

  1. Artikel belum pernah dipublikasikan atau diterima untuk publikasi, atau sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain.
  2. Artikel yang cocok untuk publikasi, termasuk diantaranya; hasil analisis, laporan penelitian, ide konseptual, dan penerapan teori tertentu.
  3. Artikel dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia, Inggris atau Arab menggunakan gayapenulisan ilmiah bersama dengan standar sistematisasi penulisan ilmiah. Artikel harus diketik dalam 1,5 spasi dengan panjang sekitar 5.000-7.000 kata. Rinciannya sebagai berikut:

 

  • Judul harus mewakili konten artikel. Tulis judul sejelas mungkin dan tidak boleh lebih dari 20 kata. Jika judulnya dalam bahasa Inggris, hal-hal berikut ini harus diperhatikan: huruf besar dalam kata-kata pertama dan kata-kata terakhir, dan semua kata benda, kata ganti, kata sifat, kata kerja, kata kerja, dan kata konjungsi subordinasi (If, because, that, dll). Artikel huruf kecil (a, an, the), konjungsi koordinasi dan preposisi (berapapun panjangnya) ‘to’ dalam infinitif dan kata ‘as’ dalam fungsi apa pun menggunakan huruf kecil. Jika judulnya dalam Bahasa Indonesia, hal-hal berikut harus diperhatikan: huruf besar semua kata awal kecuali preposisi dan kata hubung (di, ke, dari, dan, yang). Adapun kedua bahasa, ketika judul berisi kutipan langsung, gaya kapitalisasi-judul dijelaskan di atas dan harus dikenakan. Seperti contoh berikut: "Kita Semua Lebih Suka Orang Biadab daripada Manusia": Buruh dan Modal dalam Gold Rush.
  • Nama penulis (tanpa gelar akademis) diikuti oleh institusi dan email.
  • Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia (masing-masing sekitar 150-200 kata) yang mencakup masalah penelitian, metode, dan hasil.
  • Kata kunci ditulis baik dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia masing-masing maksimal 5 kata yang mewakili artikel tersebut.
  • Pendahuluan yang mencakup latar belakang, tujuan, metode, dan tinjauan literatur (jika perlu). Bagian pengantar diakhiri dengan penekanan pada item yang akan dibahas,
  • Analisis,
  • Kesimpulan, dan
  • Referensi.

 

  1. Artikel-artikel tersebut harus bebas dari praktik plagiarisme. Dengan demikian, artikel harus mengandung jenis gaya kutipan tertentu untuk merujuk pada karya yang dikutip oleh penulis:

 

  • Kutipan dalam teks (terlampir dalam tanda kurung), yang muncul di artikel, harus berisi nama belakang penulis, tanggal dan halaman yang dikutip:

 

Jassin (1984, 115-117) menegaskan bahwa kesimpulan para pendahulunya adalah spekulasi paling sederhana.

 

Untuk karya yang ditulis oleh empat penulis atau lebih, hanya nama keluarga atau nama belakang penulis pertama yang digunakan, diikuti oleh ‘et al’ (atau ‘dkk’ dalam Bahasa Indonesia):

(Foulcher et al, 1982)

 

Ketika buku satu volume dari buku multivolume dikutip, nomor volume ditunjukkan sebelum nomor halaman:

 

(Siegel, 1: 233)

 

  • Komunikasi pribadi, seperti wawancara langsung atau wawancara yang dimediasi (percakapan telepon, pesan email, dan surat-surat yang tidak diarsipkan) diidentifikasi sebagai "pers.comm":

 

Klokke (pers.comm, 13 Maret 2007) mengatakan bahwa….

 

  • Artikel koran dan majalah populer yang mungkin hanya ada dalam teks saja, tanpa ada referensi terkait, namun selamaada judul periodik, tanggal, judul artikel (dan nomor halaman dalam artikel majalah) maka ditulis menjadi:

 

“Dia menindaklanjutinya dengan mengeluarkan nota transparansi…. (Sheryl Gay Stolberg, "pada Hari Pertama, Obama dengan Cepat Menentukan Gaya Baru", New York Times, 21 Januari 2009).

 

  • Sumber online memerlukan tanggal akses jika tidak ada tanggal publikasi yang disediakan.

 

  1. Gambar, grafik, dan tabel dapat dimasukkan dalam artikel dengan persyaratan sebagai berikut:
  • Gambar tidak buram jika diperbesar untuk ukuran majalah atau pas dengan kertas A4 dengan ukuran maksimum 5mb.
  • Gambar-gambar dan gambar dengan latar belakang berwarna putih.
  • Semua gambar, grafik dan tabel harus diberi nomor dan diberi judul. Contoh cara menulis teks sebagai berikut:

 

Gambar 1: Penulis dengan teman tak dikenal, 1977.

Gambar 2: Penulis berpose untuk foto ini dengan seorang teman tak dikenal pada tahun 1977.

Gambar 3: Noam Chomsky di Political Rally, 1971. Mengenang John Allan Cameron Archives, Universitas Florida, Garres Ville.

Gambar 4: Gambar “Agama” oleh Hugh Ferries (2015).

  1. Bagian referensi (Daftar Pustaka) di akhir artikel memberikan informasi bibliografi yang lengkap untuk semua karya yang dikutip dalam teks. Karya yang tidak dikutip tidak boleh dimasukkan dalam bagian ini. Editor sangat merekomendasikan untuk menggunakan Mendeley (Gaya APA) untuk Referensi dan disusun berdasarkan abjad oleh penulis, kemudian secara kronologis dalam urutan menaik. Dewan editorial menyarankan bahwa referensi yang disertakan dalam teks harus mengandung setidaknya lima atau lebih buku cetak (sangat disarankan). sebagai penulisan referensi sebagai berikut:

 

Buku

Sweeney, Amin. 1987. A Full Hearing: Orality and Literacy in the Malay World. California: University of California Press.

Abraham, M. H. 1981. A Glossary of Literary Term. New York: Rinehartand Winston.

Lennox, Eleanor. 2000. The Scottish Diaspora 2nd Ed. Inverness, UK: Northern Light. 

Bab dalam koleksi

Goldstein, Rebecca. 1987. “Exploitation in The West Bank” in Thirteen Ways of Looking at the Middle East, diedit oleh Wallace Kunitz, 31-37. Chicago: Univ. Chicago Press. 

Terjemahan

Rivera, Jose Rivera. 1999. Serikat Buruh di Baja, California. Diterjemahkan oleh Will Moore Richman, VA: Univ. dari Richmond Press.

Buku multivolume

Foucault, Michel. 1986. Perawatan Diri. Vol.3 Sejarah Seksualitas. Diterjemahkan oleh Robert Hurley. New York: Pantheon.

Buku Multi Penulis

Peters, Harold, Mary Key Rogers, and Lawrence Burke. 1992. Why the Revolutions Stopped. Wilmington: Strong and Wills.

Gustafson, Albert., et al. 1985. If I were a Rich Man: Comparative Studies. Wilmington: Fore and Aft. (catatan: jika artikel ini dalam Bahasa Indonesia, ‘et al’ diterjemahkan sebagai ‘dkk’).

Artikel Jurnal

Abdullah, Asep Abbas. 2019. “Humor Kia: Kajian Sosiolinguistik.” Suluk vol. 1, No 1:3-15.

Artikel  Jurnal Online

Abdullah, Asep Abbas. 2019. “Humor Kia: Kajian Sosiolinguistik.” Suluk vol. 1, No 1:3-15.

http://jurnalfahum.uinsby.ac.id/index.php/suluk/article/view/15717

Skripsi, tesis, dan disertasi

Thomas, Joe. 1992. “Eroticism and American Pop Art”. PhD diss., University of Texas, Austin.

Makalah atau Presentasi

Gilmore, Donald. 1989. “What does Hermeneutics really mean in Art?”makalah yang dipresentasikan pada Pertemuan Tahunan Asosiasi Seni Perguruan Tinggi, Boston, 13 Februari.

Wawancara

Vasquez, Jay. 1995. Wawancara penulis. Fairfax, 20 Februari.

Sumber tidak dipublikasikan atau diarsipkan

Koleksi Arsip Nasional Indonesia: LAPAN 1950-2002.

  1. Penulis harus menulis satu paragraf (tidak lebih dari 200 kata) biografi yang menjelaskan secara singkat tentang prestasi akademik, pengantar singkat dan juga daftar publikasi lainnya. (catatan: harus ditulis dalam file yang berbeda dari teks).

 

  1. Artikel dalam bentuk ulasan buku juga diterima dengan persyaratan sebagai berikut:
  • Buku-buku yang sedang diulas merupakan buku yang baru diterbitkan.
  • Ulasan buku harus antara 3-5 halaman.
  • Buku-buku yang sedang diulas/ditinjau harus mendukung tema yang ditentukan oleh dewan editorial yang diinformasikan dalam call for paper.
  1. Semua file harus dalam format RTF (Rich Text Format).
  2. Daftarkan dulu diri Anda sebagai penulis untuk mengirimkan artikel Anda di sini.
  3. Silahkan hubungi kami melalui email: jurnalsuluk@gmail.com jika ada pertanyaan mengenai hal-hal belum dipahami.

 

Daftar Periksa Persiapan Pengumpulan/Pengajuan

Sebagai bagian dari proses pengajuan, penulis diwajibkan untuk memeriksa peraturan/pedoman pengajuan seperti berikut, dan artikel yang telah dikirim kepada pihak jurnal dapat dikembalikan ke penulis yang tidak mematuhi pedoman tersebut.

  1. Pengajuan belum pernah dipublikasikan sebelumnya, juga tidak sedang dalam pertimbangan untuk dipublikasikan di jurnal lain (atau penjelasan telah disediakan di Komentar untuk Editor).
  2. File pengiriman dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Jika tersedia, URL untuk referensi juga disediakan.
  4. Teks menggunakan spasi tunggal; menggunakan font 12 ; menggunakan huruf miring (italic), bukan garis bawah (kecuali dengan alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada titik yang sesuai, bukan di akhir.
  5. Teks mematuhi persyaratan gaya penulisan bibliografi yang telah diuraikan dalam Pedoman Penulis, yang ditemukan di Tentang Jurnal (About Journal).
  6. Jika mengirimkan ke jurnal bagian tinjauan sejawat (peer-review), instruksi dalam Memastikan Tinjauan Buta/Tertutup (Blind Review) telah diikuti.

Pemberitahuan Hak Cipta

Suluk: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini tidak akandigunakan untuk tujuan lain atau diberikan kepada pihak lain, dan hanya akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini.

Biaya Penulis

Jurnal ini membebankan biaya kepada penulis sebagai berikut.

Pengiriman Artikel: 0,00 (IDR)

Penulis diharuskan membayar Biaya Pengiriman Artikel sebagai bagian dari proses pengiriman untuk berkontribusi dalam meninjau biaya.

Publikasi Artikel: 0,00 (IDR)

Jika makalah ini diterima untuk publikasi, Anda akan diminta untuk membayar Biaya Publikasi Artikel untuk menutup biaya publikasi.

Jika Anda tidak memiliki dana untuk membayar biaya tersebut, Anda akan memiliki kesempatan untuk terbebasdari setiap pembiayaan. Kami tidak menginginkan biaya untuk publikasi karya yang benar-benar layak untuk dipublikasikan.