Etika Publikasi

Jurnal SULUK memiliki komitmen tinggi untuk menjaga standar etika publikasi dan mendukung praktik-praktik penelitian etis. Jurnal SULUK sangat menentang adanya duplikasi dalam publikasidalam rangka menjalankan etika publikasi artikel akademik, oleh karena itu, artikel yang akan diserahkan kepada JS harus dengan pemahaman bahwa hal yang sama belum dipublikasikan dan tidak sedang dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain. Tuduhan pelanggaran akan diselidiki oleh tim editorial. Adapun untuk para pembaca, jika ditemukan adanya potensi pelanggaran etika publikasi, JS mendorong Anda untuk memberi tahu editor jurnal dan staf sesegera mungkin.

JS menanggapi etika publikasi dengan sangat serius, bersama dengan hal tesebut, tim editorial memberikan panduan praktik terbaik dalam bidang-bidang utama berikut:

 

Kepengarangan

JS mengharapkan semua artikel yang diterbitkan mengandung atribusi kepengarangan yang jelas dan akurat. Hal tersebut merupakan tanggung jawab penulis untuk memastikan bahwa semua penulis yang berkontribusi pada karya telah diakui secara adil dan bahwa daftar penulis yang diterbitkan secara akurat mencerminkan kontribusi individu. Di mana penulis menggunakan jasa atau lembaga dari pihak ketiga sebelum pengiriman misalnya dalam pengeditan bahasa, pemformatan / pengolahan artikel, mereka harus memastikan bahwa semua jasa atau lembaga tersebut mematuhi pedoman berikut:

Atribusi dan pengakuan

Kepengarangan harus didasarkan pada empat kriteria berikut:

  • Kontribusi substansial pada konsepsi atau desain kerja, atau akuisisi, analisis, interpretasi data untuk pekerjaan;
  • Merancang pekerjaan atau meninjaunya kembali secara kritis untuk konten intelektual yang penting;
  • Persetujuan final dari versi yang akan diterbitkan; dan
  • Kesepakatan untuk bertanggung jawab atas semua aspek pekerjaan dalam memastikan bahwa pertanyaan yang terkait dengan keakuratan atau integritas harus diselidiki dan diselesaikan dengan tepat.

Semua pihak/orang yang ditunjuk sebagai penulis harus memenuhi keempat kriteria untuk kepenulisan dan semua yang memenuhi empat kriteria tersebut harus diidentifikasi sebagai penulis.

Penulis yang sesuai adalah individu yang mengambil tanggung jawab utama untuk berkomunikasi dengan pihak jurnal selama pengiriman artikel, mitra bestari (peer review), dan biasanya memastikan bahwa semua persyaratan administrasi jurnal, seperti memberikan rincian kepenulisan, persetujuan komite etik, pendaftaran uji klinis, dokumentasi dan pertemuan. Penulis yang sesuai harus bersedia untuk menanggapi kritik setelah publikasi dan bekerja sama dengan setiap permintaan dari pihak jurnal untuk data atau informasi tambahan jika pertanyaan tentang artikel muncul setelah publikasi.

Ketika kelompok besar yang terdiri dari beberapa penulis melakukan pekerjaan bersama, kelompok tersebut sebaiknya harus memutuskan siapa yang akan tercantum namanya sebagai penulis yang dicatat di artikel dan mengkonfirmasinya sebelum mengirimkan artikel untuk publikasi. Beberapa kelompok besar dengan beberapa penulis menunjuk kepengarangan dengan nama kelompok, atau dengan tanpa nama individu. Saat mengirimkan artikel yang ditulis oleh kelompok, penulis yang sesuai harus menentukan nama kelompok jika ada, dan dengan jelas mengidentifikasi anggota kelompok tersebut yang dapat mengambil kredit dan bertanggung jawab sebagai penulis.

Kontributor yang memenuhi kurang dari semua 4 kriteria di atas untuk kepenulisan tidak harus terdaftar sebagai penulis, tetapi mereka harus diakui kontribusinya. Contoh kegiatan lain yang tidak memenuhi syarat untuk kontribusi kepengarangan adalah perolehan dana, pengawasan umum kelompok penelitian atau dukungan administrasi umum dan bantuan penulisan, pengeditan teknis, pengeditan bahasa, dan proofreading. Mereka yang berkontribusi dalam hal-hal tersebut, tidak dibenarkan untuk dicatat dalam kepengarangan yang dapat diakui secara individu atau bersama-sama sebagai kelompok di bawah judul tunggal (contoh: "Peneliti klinis") atau ditentukan (contoh: "Mengkaji proposal penelitian secara kritis," "mengumpulkan data").

 

Pengiriman Artikel

JS berupaya sekuat tenaga untuk memastikan bahwa editor, mitra bestari (peer review), dan administrator jurnal memperlakukan semua kiriman dengan sebaik-baiknya. JS berharap bahwa semua orang yang mengirimkan artikel ke jurnal mematuhi standar dan etika penerbitan yang telah ditetapkan. Dalam kasus pelanggaran yang terbukti, tindakan yang diambil akan bervariasi, tetapi dapat menghasilkan satu atau lebih hal berikut ini:

  • Pencabutan karya yang diterbitkan.
  • Pengkoreksian atau pernyataan keprihatinan.
  • Penolakan pengajuan di masa depan.
  • Pemberitahuan pelanggaran yang dikirim ke institusi lokal, pemimpin, dan/atau komite etika setempat.

 

a. Publikasi yang berlebihan

JS mengevaluasi pengajuan tiap artikel dan memastikan bahwa artikel-artikel tersebut belum pernah diterbitkan sebelumnya atau secara bersamaan disampaikan di tempat lain. Editor akan menyimpan catatan yang jelas tentang semua komunikasi antara penulis, editor, dan peninjau sejawat terkait dengan pengiriman yang mereka tangani. Catatan-catatan ini disimpan dengan hati-hati dan dapat digunakan untuk memfasilitasi investigasi terhadap kemungkinan kasus pelanggaran.

b. Plagiarisme

JS mengevaluasi pengajuan tiap artikel dan memastikan bahwa artikel-artikel tersebut merupakan karya asli dari penulis. Kami berharap bahwa referensi yang dibuat dalam artikel untuk karya atau ide orang lain akan dikreditkan dengan tepat. Penggunaan kembali teks, data, angka atau gambar tanpa pengakuan atau izin yang sesuai dianggap plagiarisme, seperti parafrase teks, konsep dan ide.

c. Penistaan

Sementara berusaha untuk mempromosikan kebebasan berekspresi sedapat mungkin, JS bertujuan untuk menghindari penerbitan apa pun yang merusak reputasi individu, bisnis, kelompok atau organisasi kecuali jika dapat dibuktikan. Kami mengambil semua langkah yang memunginkan untuk memastikan bahwa karya yang diterbitkan bebas dari teks apa pun yang, atau dapat dianggap mencemarkan nama baik, menistakan, atau memfitnah.

 

Editing yang Adil dan Tinjauan Sejawat (Peer Review)

Semua pihakdalam proses penerbitan dianjurkan untuk mematuhi prinsip-prinsip penerbitan etis yang telah ditetapkan. Hal Ini berlakuuntuk penulis , editor jurnal, peninjau, administrator jurnal, dan staf penerbitan.

a. Independensi Editorial

Editor memiliki independensi editorial penuh. Para dewan editor dan anggotanyadisarankan untuk memiliki proses dan kebijakan yang jelas untuk memastikan bahwa setiap pengajuan menerima peer review yang sepadan dengan pengajuan lainnya.

b. Peninjau Sejawat (pper reviewer) dan perilaku peninjau

Artikel ditinjau oleh dua ahli independen di bidang yang relevan. Peninjau membuat penilaian ilmiah dan rekomendasi kepada editor. Peninjau merupakan orang yang tidak dikenal oleh penulis. Editor Penanganan akan mempertimbangkan naskah dan komentar dari para peninjau sebelum membuat keputusan akhir untuk menerima, menerima dengan revisi atau menolak naskah.

c. Kerahasiaan

JS mengharapkan editor dan peninjau untuk menangani semua pengiriman artikel secara rahasia kecuali hal-hal yang telah ditentukan sebelumnya. Jika peninjau ingin memperlihatkan ulasannya atau mencari pendapat kolega lain tentang aspek spesifik dari artikel tersebut, mereka diharapkan untuk memberikan penjelasan kepada editor mengenai hal tersebut.

d. Penipuan Tinjauan Sejawat

Penulis utama memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa hanya peninjau asli dan kontak peninjau yang detail yang diajukan. Adanya dugaan atau tuduhan resensi palsu dari artikel yang dikirimkan oleh penulis akan diselidiki secara menyeluruh. Jika tuduhan tersebut terbukti, artikel yang dimaksud akan segera ditolak atau, namun jika artikel sudah diterbitkan, maka artikel tersebut akan ditarik kembali.Jurnal biasanya akan memberi tahu dewan kelembagaan atau dewan etika lokal penulis dan juga dapat memberlakukan larangan pengumpulan artikel dari kelompok penulis tersebut di masa yang akan datang.