Kebijakan Editorial

Proses Tinjauan Sejawat

Artikel ditinjau oleh dua ahli independen di bidang yang relevan. Peninjau membuat penilaian ilmiah dan rekomendasi kepada editor. Peninjau merupakan orang yang tidak dikenal oleh penulis. Editor Penangananakan mempertimbangkan naskah dan komentar dari para peninjau sebelum membuat keputusan akhir untuk menerima, menerima dengan revisi atau menolak naskah.

Frekuensi Publikasi

Jurnal SULUK terbit sebanyak dua kali dalam setahun, jurnal nomor 1-2 telah dijadwalkan untuk diterbitkan pada bulan Maret dan September.

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa membuat penelitian  secara bebas yangtersedia untuk umumdapat mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

 

Statistik Pengunduhan Artikel

Pengunduhan statistik menggunakan ALM Plugin, statistik akan ditampilkan di setiap halaman artikel.

Contoh: http://jurnalfahum.uinsby.ac.id/index.php/suluk/article/view/15717

 

Pedoman Peninjauan

Proses Peninjauan Naskah: Tinjauan Awal

  1. Membaca abstrak terlebih dahulu untuk memastikan bahwa Anda memiliki keahlian untuk meninjau artikel. Jangan takut menolak tidak untuk meninjau artikel jika ada alasan yang tepat.
  2. Membaca informasi yang disediakan oleh jurnal untuk peninjau sehingga Anda akan tahu: a) Jenis naskah (contoh: tinjauan artikel, catatan teknis, penelitian asli) dan ekspektasi / parameter jurnal untuk jenis naskah tersebut; b) Persyaratan jurnal lain yang harus dipenuhi naskah (contoh: panjang, gaya kutipan).
  3. Mengetahui ruang lingkup dan misi jurnal untuk memastikan bahwa topik makalah tersebut sesuai dengan ruang lingkup tersebut.
  4. Membaca seluruh naskah untuk melihat apakah jurnal ini layak diterbitkan–buat beberapa catatan tentang masalah besar jika ada: a) Apakah pertanyaan tersebut logis dan signifikan ?; b) Apakah desain dan / atau metode yang digunakan sudah cukup memadai atau kurang? (untuk makalah penelitian asli); c) Apakah hasil yang cukup substansial untuk dapat diterbitkan (atau adanya kemungkinan dua variabel atau lebihyang dihasilkan sangat kurang memadai sehingga membuat jurnal tersebut tidak dapat diterbitkan)?
  5. Bagaimana kesan awal Anda? Jika makalahnya adalah: a) dapat diterima hanya dengan komentar / pertanyaan kecil: solid, menarik, dan baru; metodologi yang digunakan; hasilnya disajikan dengan baik; diskusi dirumuskan dengan baik dengan Interpretasi berdasarkan pada penalaran yang logis, dll., hanya dengan komentar / pertanyaan kecil, melihat langsung ke penulisan ulasan; b) Cacat fatal sehingga Anda harus menolaknya: melihat langsung ke menulis ulasan; c) Adanya kemungkinan untuk "revisi dan kirim kembali" atau "diterima dengan perubahan besar" atau Anda tidak yakin apakah harus ditolak atau tidak: jurnal tersebut mungkin layak terbit, tetapi ada kekhawatiran-kekhawatiranbesar yang perlu untuk diatasi jika menerima/menerbitkan jurnal tersebut.

 

 Full Review Process of Manuscript

  1. Kepenulisan: Apakah naskahnya mudah diikuti/dipahami, yaitu, memiliki perkembangan logis dan pengorganisasian kepenulisan yang jelas?
  2. Apakah naskahnya ringkas dan dapat dimengerti? Apakah ada bagian yang harus dikurangi?
  3. Dieliminasi / diperluas / ditambahkan?
  4. Perhatikan jika ada masalah utama dalam mekanisme kepenulisan seperti: tata bahasa, tanda baca, ejaan. (Jika hanya ada beberapa tulisan yang tidak menggunakan kata yang baik atau benar, buat catatan untuk memberi tahu penulis mengenai hal tersebut. Jika ada masalah dalam konsistensi penulisan secara menyeluruh, pilih satu atau dua contoh jika perlu untuk diberitahukan kepada penulis dan jangan coba-coba mengedit secara garis besar).
  5. Singkatan: Digunakan dengan baik dan disusun sedemikian rupa sehingga pembaca tidak akan kesulitan mengingat apa yang diwakili oleh singkatan.
  6. Mengikuti gaya, format, dan aturan jurnal lainnya.
  7. Kutipan diberikan ketika memberikan informasi berbasis bukti dari sumber luar.