Jejak Raden Jaka Prabangkara dalam Dinamika Kerajaan Majapahit Abad Ke-15 M dalam Babad Jaka Tingkir

  • Rizki Endi Septiyani Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
  • Annisa Rachmani Isyanti Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Septi Dwi Nur Aini Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Bagus Wahyu Pratama Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Rudi Tri Laksono Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Imron Imron Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Babad Jaka Tingkir, Raden Jaka Prabangkara, Kerajaan Majapahit abad ke-15M

Abstract

Raden Jaka Prabangkara adalah putra dari Brawijaya V, raja terakhir yang pernah menguasai Kerajaan Majapahit. Ia merupakan keturunan raja dari seorang perempuan biasa atau selir. Pada masa pemerintahan ayahandanya, yakni sekitar abad ke-15 M, ia memiliki kiprah yang cukup menarik untuk dikaji. Ia menjadi seorang lurah di daerah Sungging, selain itu ia pun diberi tugas untuk menjadi juru lukis istana karena kepiawaiannya dalam melukis. Kajian ini bertujuan untuk memaparkan jejak perjalanan kehidupan Prabangkara dalam dinamika Kerajaan Majapahit abad ke-15 M beserta hikmah yang dapat dipetik dari kisahnya yang terkandung dalam Babad Jaka Tingkir. Kajian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berdasarkan kajian kepustakaan pada buku Babad Jaka Tingkir: Babad Pajang (Sastronaryatmo: 2011) yang telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Hasil pada kajian ini yaitu (1) Menjelaskan latar belakang lahirnya Raden Jaka Prabangkara (2) Adanya kiprah Raden Jaka Prabangkara dalam dinamika Kerajaan Majapahit Abad ke-15 M dalam Babad Jaka Tingkir (3) Kronologi diasingkannya Raden Jaka Prabangkara ke Negeri Cina dalam Babad Jaka Tingkir. (4) Adanya hikmah yang dapat dipetik dalam jejak perjalanan hidup Raden Jaka Prabangkara. Secara keseluruhan, dapat diketahui bahwa terdapat jejak perjalanan hidup Prabangkara dalam dinamika Kerajaan Majapahit abad ke-15 M dalam Babad Jaka Tingkir.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Florida, Nancy K. 2003. Menyurat yang Silam Menggurat yang Menjelang. Yogyakarta: Bentang Budaya.
Prijanto, Saksono. 2010. Raden Arya Prabangkara. Jakarta: Pusat Bahasa Kementrian Pendidikan Nasional.
Rahardjo, Supratikno. 2002. Peradaban Jawa: Dinamika Pranata Politik, Agama, dan Ekonomi Jawa Kuno. Jakarta: Komunitas Bambu.
Sastronaryatmo, Moelyono. 2011. Babad Jaka Tingkir: Babad Pajang. Proyek Penerbitan Buku Sastra dan Daerah.
Wahyudi, Deny Yudo. 2013. Kerajaan Majapahit: Dinamika Dalam Sejarah Nusantara. Jurnal Sejarah dan Budaya, Tahun Ketujuh, Nomor Satu, Juni 2013. Universitas Negeri Malang.
Zabadi, Fairul. 2016. Jaka Prabangkara. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Published
2019-10-04
How to Cite
Septiyani, R., Isyanti, A., Nur Aini, S., Pratama, B., Laksono, R., & Imron, I. (2019). Jejak Raden Jaka Prabangkara dalam Dinamika Kerajaan Majapahit Abad Ke-15 M dalam Babad Jaka Tingkir. SULUK: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 1(1), 54-61. Retrieved from http://jurnalfahum.uinsby.ac.id/index.php/Suluk/article/view/234
Section
Articles